Sejarah bangsa arab

Suku arab

Asal usul suku Arab kuno berasal dari  Semenanjung Arab dan suku Quraisy  merupakan suku Nabi Muhammad  saw yang mengajarkan agama Islam.

Tarikh Thabari :

Populasi masyarakat Arab terdiri dari dua  besar,

1. keturunan Ma'ad  bin Adnan - arab gurun di utara - arab pendatang Arab Adnani  (Ismail bin Ibrahim - Jurhum) dan

2. keturunan Qahtan -  turunan Saba dan Yaman - al Qahtani, arab asli.

Suku arab kino :

Arab al-Ba'idah (العرب البائدة), atau "orang Arab di masa lampau (yang sudah punah)", adalah kelompok suku-suku kuno yang telah musnah, seperti 'Aad, Tsamud, Tasm, Jadis, Imlaq (yang termasuk cabang-cabang Bani al-Samaydah), dan lainnya. Alquran mencatat bagaimana kaum 'Aad dan Tsamud dimusnahkan, dan belakangan penggalian arkeologis menemukan prasasti yang merujuk pada "Iram" yang disebut sebagai kota utama kaum Aad.

Arab al-'Aribah (العرب العاربة), atau "orang Arab murni", adalah kelompok suku-suku Arab  keturunan nabi Hud as. yang juga dianggap keturunan Ya'rub bin Yashjub bin Qahtan, disebut Arab Qahtani.

Arab al-Musta'ribah (العرب المستعربة), atau "orang Arab pendatang", adalah kelompok suku-suku yang berasal dari keturunan Ma'ad bin Adnan, sehingga disebut Arab Ma'adi (sebagaimana dikemukakan Thabari) dan kadang disebut Arab Adnani.

Nabi Muhammad  saw yang memiliki garis silsilah ke Bani Hawazin merupakan keturunan kelompok ini.

Ma'ad bin Adnan terhubung hingga ke Nabi Ismail bin Nabi Ibrahim as. dari ibu Bani Jurhum. Dan karena Nabi Ismail adalah pendatang baru di Mekah dibandingkan keturunan Nabi Hud ("aribah") maka disebut "musta'ribah". 

WALLOHU A'LAM BISHOABE

Drs. H. Amir Mahmudin 2 Posts News / 1 Posts Artikel

Status Pengurus : DPP PFK-KBIHU
Posisi Sebagai     : KOMPARTEMEN I / SEKRETARIS

Sejarah bangsa arab

Leave a Comment